Program Penanaman nilai-nilai Pancasila bagi Peserta didik melalui “Kisah Nilai-Nilai Pancasila dalam Perbuatan” tersebut dituturkan kepada peserta didik oleh Dosen Universitas Pancasila pada setiap perkuliahan selama 5 sampai dengan 10 menit. Penanaman secara ringan yang berkesinambungan dinilai akan lebih efektif bagi peserta didik. Di era Globalisasi permasalahan besar suatu bangsa tercabutnya identitas bangsa tersebut dari akar historis dan budayanya. Maka “Kisah Nilai-Nilai Pancasila dalam Perbuatan” menjadi program yang efektif untuk transfer of value.

Terhadap program tersebut, akan disosialisasikan dalam bentuk ToT bagi seluruh Dosen Universitas Pancasila. Akan tetapi, untuk menyamakan persepsi dan konseptualisasi terhadap Program Penanaman nilai-nilai Pancasila bagi Peserta didik melalui “Kisah Nilai-Nilai Pancasila dalam Perbuatan”, Pusat Studi Pancasila sebelum dilakukan ToT untuk Dosen, menggagas perlu di lakukan kick off atau pertemuan pertama kali dengan para Pimpinan Universitas Pancasila, Pimpinan Fakultas Universitas Pancasila, Ketua Program Studi dan Perwakilan Dosen.

Pada hari Senin, 27 Juni 2022,  Pusat Studi Pancasila Universitas Pancasila menyelenggarakan kegiatan Kick-off  “Penanaman Nilai-nilai Pancasila Bagi Peserta Didik melalui Kisah Nilai-nilai Pancasila dalam Perbuatan”. Hadir dalam kegiatan ini, Ketua Pembina YPPUP Dr. (HC) Ir. Siswono Yudohusoda sebagai Keynote Speaker, Prof. Dr. Adji Samekto, SH.,M.Hum (Deputi Pengkajian dan Materi BPIP periode 2018-2022) dan Prof. Andi Faisal Bakti, MA sebagai Narasumber.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan :

    1. Menyamakan persepsi dan konseptualisasi terhadap Program Penanaman nilai-nilai Pancasila bagi Peserta didik melalui “Kisah Nilai-Nilai Pancasila dalam Perbuatan”
    2. Memahami Urgensi Penanaman nilai-nilai Pancasila bagi Peserta didik melalui “Kisah Nilai-Nilai Pancasila dalam Perbuatan”
    3. Sosialisasi Program kerja PSP (Pengukuran Indeks Kepancasilaisan). PSP akan mengujicoba kuesioner instrumen indeks kepancasilaan kepada seluruh peserta yang hadir.

Berdasarkan gagasan Ketua Pembina YPPUP Dr. (HC) Ir. Siswono Yudohusodo dan hasil kajian Pusat Studi Pancasila digagas dan dirintislah satu program yakni penanaman nilai pancasila Kepada peserta didik melalui Kisah Nilai-Nilai Pancasila dalam Perbuatan. Setidaknya ada 3 (tiga) sumber: Pertama, kisah yakni cerita-cerita rakyat yang tumbuh dalam masyarakat Indonesia. Kedua, kenyataan historis perkembangan peradaban di Nusantara. Ketiga, keteladanan dari para pendiri bangsa dan para pahlawan.

Program Penanaman nilai-nilai Pancasila bagi Peserta didik melalui “Kisah Nilai-Nilai Pancasila dalam Perbuatan” tersebut dituturkan kepada peserta didik oleh Dosen Universitas Pancasila pada setiap perkuliahan selama 5 sampai dengan 10 menit.  Penanaman secara ringan yang berkesinambungan dinilai akan lebih efektif bagi peserta didik.

Peserta yang hadir pada kegiatan ini antara lain :

  1. Para Dekan
  2. Direktur Sekolah Pascasarjana
  3. Para Wakil Dekan
  4. Para Asisten Direktur Sekolah Pascasarjana
  5. Para Kepala Program Studi, dan
  6. Perwakilan Dosen dari tiap Fakultas.


RECENT POST

Business Talk Series ke-4 dan MoU Universitas Pancasila dengan PT. LAPI ITB Bandung

Agustus 10, 2022


Visitasi Akreditasi Magister Akuntansi Sekolah Pascasarjana Universitas Pancasila

Agustus 08, 2022


In-Depth talk about University of California Berkeley

Agustus 03, 2022


Eksternal Link
Mitra Luar Negeri