Universitas Pancasila (UP) mengukuhkan 5 Guru Besar dilingkungan kampus UP pada (28/09) bertempat di Gedung Serba Guna UP, Srengseng Sawah Jagakarsa Jakarta Selatan. Hadir pada kegiatan ini, Ketua Pembina Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila (YPPUP) Dr. (HC). Ir. Siswono Yudo Husodo, Anggota Pembina YPPUP Komjend. Pol. (Purn.) Ahwil Luthan, SH., MBA., MM. Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, SH., MH. para Anggota YPPUP, Rektor UP, Prof. Dr. Edie Toet Hendratno, SH., M.Si., FCBArb. Para Wakil Rektor, Dekan, Direktur Sekolah Pascasarjana, serta tamu undangan penting lainnya diantaranya, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III, Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P. Wakil Presiden RI ke – 6, Jend. TNI (Purn) Try Soetrisno, Menteri Pertahanan RI (periode 2009-2014) Prof. Ir. Purnomo Yusgiantoro, M.Sc., M.A., Ph.D. Menko Kesra Kabinet Reformasi Pembangunan Prof. Dr. Haryono Suyono, M.A., Ph.D. Imam Besar Masjid Istiqlal Bapak Prof. Dr. K.H. Nasaruddin Umar, M.A. para Rektor, Guru Besar Tamu, serta tamu undangan lainnya yang juga turut hadir pada kegiatan hari ini.

Dalam sambutannya, Rektor UP Prof. Edie Toet menyampaikan bahwa, Pengukuhan Guru Besar hari ini merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi Seluruh Sivitas Akademika UP, bahwa pada hari ini dapat menyelenggarakan acara sidang Senat Akademik dengan mengukuhkan 5 Guru Besar sekaligus, ini merupakan peristiwa yang langka bagi Perguruan Tinggi manapun di Indonesia. Hari ini kami mengukuhkan 5 Guru Besar dengan berbagai bidang keilmuan diantaranya adalah Prof. Dr. Ir. Dwi Rahmalina, MT. dalam Bidang Teknik Mesin pada Program Studi S2 Teknik Mesin, Prof. Dr. apt. Dian Ratih Laksmitawati, M.Biomed. dalam Bidang Ilmu Farmasi Klinik dan Komunitas pada Program Studi S3 Ilmu Farmasi, Prof. Dr. B.F. Sihombing, SH., MH., dalam Bidang Ilmu Hukum pada Program Studi S1 Hukum, Prof. Dr. Ir. Iha Haryani Hatta, SE., MM. dalam Bidang Ilmu Manajemen Pemasaran pada Program Studi S1 Manajemen, dan Prof. Dr. Ir. Arissetyanto Nugroho, MM. dalam Bidang Ilmu Manajemen pada Program Studi S3 Ilmu Ekonomi Sekolah Pascasarjana UP.

Total sampai dengan saat ini, UP sudah memiliki 24 Guru Besar yang tersebar di 29 Program Studi yang ada di UP. Pada tahun 2021 yang lalu, UP menghasilkan Dosen dengan Jabatan Akademik/Fungsional bergelar Profesor/Guru Besar terbanyak di DKI Jakarta. Kami terus berupaya mendorong pada Dosen untuk dapat mencapai gelar Profesor atau Guru Besar, ini merupakan prestasi bagi Perguruan Tinggi, karena sebuah Universitas yang berkembang itu salah satunya dilihat dari jumlah Guru Besar dan akreditasinya, dengan semakin banyaknya dosen bergelar Guru Besar maka mutu perguruan tinggi yang ada di Indonesia dapat terus meningkat, ujar Prof. Edie.

Selain itu, prestasi lainnya di tahun 2022 ini yaitu ada tiga Program Studi yang terakreditasi “UNGGUL”, yakni Program Studi Magister Ilmu Hukum, Magister Ilmu Kefarmasian dan Magister Teknik Mesin. UP juga berhasil mendapat dana Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) untuk 2 Prodi, yakni: S1 Ilmu Hukum dan Ilmu Komunikasi tahun 2021 dan 2022 senilai RP. 2.218.490.000. Selain itu, UP juga saat ini telah tersertifikasi ISO 21001:2018 tentang Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan Tinggi, beberapa waktu yang lalu, kami baru saja menerima SK dari Mendikbudristek, tentang izin Pembukaan Program Studi Magister Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan untuk Fakultas Teknik, dan izin pembukaan Program Studi D4 Pengelolaan Konvensi & Acara (MICE) Fakultas Pariwisata, serta kami juga saat ini sedang dalam proses untuk membuka 1 (satu) program studi baru yaitu Program Studi Doktor Ilmu Hukum yang saat ini masih dalam proses evaluasi oleh para tim penilai. Kami dengan penuh semangat akan terus mengupayakan UP dapat semakin maju, baik secara akademik maupun non akademik, tutup Prof. Edie dalam sambutannya.

Pada kesempatan ini para Guru Besar yang dikukuhkan diberikan kesempatan untuk menyampaikan orasi ilmiahnya. Orasi yang pertama disampaikan oleh Prof. Dwi dengan judul Rekayasa Material Komposit untuk Aplikasi Thermal Energy Storage, dilanjutkan dengan orasi selanjutnya oleh Prof. Dian Ratih yang menyampaikan orasi berjudul Potensi Herbal dan Stem Cell Sebagai Bahan Alam untuk Mengatasi Penyakit Degeneratif, orasi yang ketiga disampaikan oleh Prof. Iha dengan judul orasi Faktor-faktor ketangguhan terhadap electronic word of mouth (EWOM) negative the roles of Self Congrity Brand Attachment and Brand Prestige, orasi yang selanjutnya disampaikan oleh Prof. Sihombing, dengan judul orasi ilmiah Konflik Tanah Hak-hak Barat Terus Berlanjut dan yang terakhir adalah orasi ilmiah yang disampaikan oleh Prof. Aris, dengan judul orasi ilmiah yaitu Urgensi Pendidikan yang Adaptif dengan Perkembangan Era 5.0 dan Perilaku Konsumen dalam Pemasaran Digital.

Pada kesempatan ini pula, Ketua LLDikti Wilayah III Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P. menyampaikan ucapan selamat seluruh Sivitas Akademika UP atas pengukuhan Guru Besar ini. Pengukuhan ini bisa jadi merupakan sejarah baru bagi UP sejak awal berdirinya, baru kali ini ada 5 Guru Besar yang dikukuhkan secara bersamaan dalam satu tahun dan menjadi sejarah baru juga bagi LLDikti Wilayah III. Kami menyambut baik atas prestasi yang terus diberikan oleh UP sebagai salah satu Perguruan Tinggi kebanggan kami di LLDikti Wilayah III, kami membina sebanyak 301 PTN dan PTS di Jakarta dan UP selalu membanggakan kami dengan banyak hal yang Unggul.

Guru Besar adalah sebuah prestasi tertinggi dibidang akademik bagi setiap Dosen. Setidaknya ada 320.000 orang dosen di Indonesia ini, dan di LLDikti Wilayah III ini ada 24.000 orang Dosen, tetapi hanya ada 1,5% saja Dosen yang memiliki gelar Profesor, jadi bagi seluruh Guru Besar yang dikukuhkan hari ini merupakan orang-orang yang eksklusif yang kami miliki. Maka oleh sebab itu, kami mohon izin kepada para Guru Besar yang baru saja dikukuhkan untuk terus mengembangkan ilmunya, di Jakarta sendiri ada sebanyak 1 juta mahasiswa yang sedang menuntut ilmu, jadi saya harapkan Bapak Ibu Profesor dapat terus menebarkan inspirasi kepada para seluruh mahasiswa di Indonesia khususnya di DKI Jakarta, karena di Indonesia itu setidaknya ada 9 juta mahasiswa yang butuh bimbingan dan inspirasi dari Bapak Ibu sekalian. Melalui sambutan ini, saya titipkan ke UP, untuk terus menginspirasi seluruh Dosen di lingkungan kampus UP, untuk dapat menaikan para Lektor Kepala menjadi Guru Besar, dan bagi para Guru Besar, kami mohon untuk dapat membimbing para Lektor Kepala untuk mencapai posisi yang sama dengan Bapak Ibu sekalian, saya beraharap ke- 5 Guru Besar ini harus membimbing 50 orang setiap Dosen/Lektor Kepala, jadi setiap Guru Besar membimbing setidaknya 10 orang Dosen, agar dapat memberikan percepatan bagi Calon Guru Besar lainnya. Diharapkan tahun depan capaian ini akan terus meningkat, kami titipkan kepada Bapak Ibu sekalian, kami akan menaikan target Guru Besar di UP setidaknya sebanyak 7 orang Guru Besar pada tahun depan, semoga ini dapat terus menginspirasi para Dosen sekalian, ujar Dr. Paris.

 

 

 

HUMAS UNIVERSITAS PANCASILA



RECENT POST

UP sosialisasikan instrumen Akreditasi Program Studi Lamemba

Nopember 16, 2022


INTERNATIONAL CONFERENCE ON PSYCHOLOGY AND INTERDISCIPLINARY BEHAVIORAL STUDIES (ICP-IBS)

Nopember 16, 2022


Insipirasi Ganjar: Menjadi Generasi Pancasila yang Tangguh Dan Berdaya Saing Global.

Nopember 09, 2022


Eksternal Link
Overseas Partners