ilmu Komunikasi

1. Visi
Menjadi Program Studi Ilmu Komunikasi unggul dalam proses pembelajaran yang adaptif berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila di tahun 2024

2. Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran mayor minor dengan memperhatikan kebijakan kampus merdeka merdeka belajar.
  • Melakukan penelitian terkait keilmuan komunikasi yang interdisiplin.
  • Melakukan pengabdian pada masyarakat terkait dengan bidang kajian komunikasi yang interdisiplin.
  • Menciptakan suasana akademik yang kondusif, sehingga penyelenggaraan proses belajar mayor minor serta merdeka belajar terlaksana dalam pengajaran dan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat berjalan dengan baik.
  • Melakukan kerja sama dengan: mahasiswa dan dosen dari dalam institusi dan luar institusi, lembaga dalam dan luar negeri dari beragam kelompok kepentingan yaitu sektor industri, sektor media, sektor sosial kemasyarakatan, dan sektor politik/ pemerintahan.

3. Tujuan

  • Menjadi pusat Pendidikan ilmu komunikasi yang menghasilkan lulusan yang professional dan kompetitif dengan penerapan pembelajaran mayor-minor dalam kerangka Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).
  • Menjadi program studi yang produktif dalam menghasilkan karya ilmiah dan publikasi dalam bidang ilmu komunikasi.
  • Menjalankan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka memanfaatkan teknologi dan komunikasi untuk pemberdayaan masyarakat.
  • Menjadi penyelenggara Pembelajaran komunikasi dengan kurikulum yang handal dengan penerapan metode pembelajaran yang adaptif, inovatif dan kolaboratif sesuai denga standar mutu Pendidikan.
  • Menjadi program studi yang menjalin Kerjasama baik pada tingkat nasional maupun internasional dalam implementasi dalam bidang Pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

4. Sasaran

  • Tahap pertama (2021-2022) Menjadi Fakultas Riset dan Pelayanan Akademik Bermutu (Faculty of Research and Academic Excellent). 
  • Tahap Kedua (2022-2023) Menjadi Fakultas Berdaya Saing Regional (Regional Class Faculty).
  • Tahap Ketiga (2023-2024) Menjadi Fakultas Rujukan Akademik dan Publikasi (Academic and Publication Center).

5. Nama Ketua dan Sekretaris Program Studi
Dekan                                   :    Anna Agustina, Ph.D.
Wakil Dekan I                       :    Muhamad Rosit, M.Si.
Wakil Dekan II                      :    Umar Hamil, M.Phil.
Wakil Dekan III                     :    Riza Darma Putra, M.I.Kom.
Ketua Program Studi            :    Muhamad Rosit, M.Si.
Sekretaris Program Studi     :    Nathalia Perdhani Soemantri, M.Si.

6. Profil Lulusan
(a)    Jurnalis Junior

  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  • Mampu memproduksi karya media atau produk komunikasi (video, poster, visualisasi dan editing) dalam bentuk media cetak maupun elektronik.

(b)    Public Relations Officer

  • Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, rekan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaga
  • Mampu menjalankan program komunikasi untuk mencapai tujuan melalui tahap perencanaan, implementasi, dan evaluasi pelaksanaan program komunikasi
  • Menguasai etika dalam membangun dan melestarikan hubungan masyarakat dan nilai-nilai kemanusiaan (humanity values).

(c)    Broadcaster

  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  • Mampu memproduksi karya media atau produk komunikasi (video, poster, visualisasi dan editing) dalam bentuk media cetak maupun elektronik 
  • Menguasai konsep teoretis berbagai media (saluran) komunikasi yang meliputi media cetak, media elektronik (audio/audio-visual), dan media digital.

(d)    Announcer dan Presentera

  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  • Mampu memproduksi isi pesan untuk berbagai tujuan komunikasi menggunakan berbagai jenis saluran komunikasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan sesuai dengan norma hukum, norma sosial, dan etika yang berlaku
  • Menguasai konsep, kaidah, dan proses pengembangan isi pesan untuk mencapai berbagai tujuan komunikasi menggunakan beragam jenis saluran komunikasi
  • Menguasai pengetahuan factual tentang jenis dan regulasi penyiaran, pers, jurnalistik, periklanan, informasi public, dan informasi dan transaksi elektronik.

(e)    Event Organizer

  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  • Mampu menjalankan program komunikasi untuk mencapai tujuan melalui tahap perencanaan, implementasi, dan evaluasi pelaksanaan program komunikasi.

(f)    Asisten Peneliti

  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; 
  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  • Mampu membuat kajian atau analisis atas masalah atau isu komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi dan komunikasi massa menggunakan konsep dan teori komunikasi yang relevan
  • Mampu menjalankan kegiatan penelitian di bidang komunikasi menggunakan berbagai metode komunikasi kuantitatif maupun kualitatif dengan pendekatan multidisipliner 
  • Mampu menyusun tulisan ilmiah di bidang komunikasi sesuai dengan kaidah ilmiah yang berlaku dan mempublikasikannya dalam berkala ilmiah dan/atau forum pertemuan ilmiah.

7. Peminatan
Tiga peminatan yang memiliki dasar kuat pada Teori Lasswell (SMCRE) yang ditawarkan dan menjadi penciri FIKOM UP adalah:

  • Peminatan komunikasi strategis, atau strategic communication. 

Outputnya mahasiswa diharapkan memahami cara mempengaruhi orang lain melalui pesan yang diproduksinya. Oleh karena itu, peminatan ini kental dengan matakuliah yang berkaitan dengan periklanan (publicity), relasi publik atau kehumasan (public relations), dan kompetensi pemaparan di depan umum (public speaking).

  • Peminatan jurnalistik multimedia atau multimedia journalism. 

Mahasiswa diarahkan kepada pematangan kemampuan untuk memanfaatkan teknologi komunikasi dalam memproduksi pesan. Dengan demikian peminatan ini mempersiapkan mahasiswa agar cekatan (handy) dalam menggunakan media komunikasi (communicaton channels), yang merupakan wadah dan saluran komunikasi yang serba cepat, maju dan canggih (sophisticated), seiring perkembangan pertelekomunikasian dan komunikasi itu sendiri. 

  • Peminatan kajian media atau media studies. 

Mengarahkan mahasiswa agar berfikiran analitis. Sasarannya adalah memperkaya dan mempertinggi kemampuan mahasiswa untuk menganalisis media massa yang meliputi konsep dan proses berfikir dengan pendekatan keilmuan komunikasi dan perkembangannya. Dengan demikian mahasiswa pada gilirannya dapat memiliki keyakinan untuk memberikan data pendukung yang kuat untuk pembuatan kebijakan, ataupun meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi. Peminatan ini berkaitan erat bukan hanya dengan dampak media (media effect) dalam masyarakat, namun juga pembelajaran dalam hal survei (survey), polling, voting, atau quick count, mengenai perhitungan dan kalkulasi dukungan massa atas suatu hal atau isu yang berkembang dalam masyarakat yang dimuat oleh media massa.
 

Untuk Informasi lebih lengkap bisa langsung mengunjungi Website berikut:

Link ke Website

Eksternal Link
Mitra Luar Negeri