Psikologi

1. Visi
Menjadi Fakultas Psikologi yang Unggul dan Terkemuka Berdasarkan Nilai-nilai Pancasila dengan ciri khas pada Psikologi Bisnis

2. Misi

  • Menyelenggarakan proses pendidikan tinggi psikologi yang berorientasi pada Psikologi Bisnis berdasarkan rumusan KKNI, SNPT dan SKKNI.
  • Melakukan penelitian-penelitian psikologi yang memenuhi standar internasional serta berorientasi pada Psikologi Bisnis.
  • Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang psikologi yang berorientasi pada Psikologi Bisnis.
  • Melakukan kerja sama dengan para pihak terkait pelaksanaan konsep kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.
  • Membangun kesisteman dan sistem teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan akademik dan non akademik serta good faculty governance.
  • Menyelenggarakan program-program kerja yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan Tenaga Pengajar dan Tenaga Kependidikan.

3. Tujuan

  • Menghasilkan Sarjana Psikologi yang kompeten sesuai dengan capaian pembelajaran yang ditetapkan oleh AP2TPI, KKNI, SKKNI dan proses pembelajaran berdasarkan 9 (sembilan) Standar Pendidikan Tinggi (SNPT) dan etika moral karakter Pancasila.
  • Menghasilkan penelitian-penelitian psikologi yang memenuhi standar nasional dan internasional serta berorientasi pada Psikologi Bisnis yang berwawasan lingkungan, aplikatif dan responsif terhadap kebutuhan industri/bisnis, UKM dan koperasi, masyarakat, bangsa dan negara.
  • Menghasilkan kegiatan-kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang psikologi yang berorientasi pada Psikologi Bisnis yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing IKM serta diseminasi nilai-nilai Pancasila secara berkelanjutan.
  • Tata kelola (good governance) dan manajemen Fakultas Psikologi Universitas Pancasila yang profesional, kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, adil, terpadu dan terintegrasi antar bidang pengelolaan (akademik, keuangan, aset, SDM, kemahasiswaan, dan alumni, kerja sama, dan ventura) guna menunjang efektivitas dan efisiensi pemanfaatan sumber daya secara berkelanjutan melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.
  • Membangun kemitraan strategis, sinergis, dan berkelanjutan dengan lembaga-lembaga bisnis, pendidikan dan riset, pelatihan dan pembelajaran, serta komunitas-komunitas masyarakat berdasarkan asas saling menguntungkan, berkeadilan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

5. Nama Ketua Program Studi
Ketua Program Studi     :     Anindya Dewi Paramita, M. Psi., PSI.

6. Profil Lulusan
(a)    Profesional Sumber Daya Manusia

  1. Deskripsi
  • Seseorang yang bertanggung jawab untuk memperoleh, memelihara, dan mengembangkan karyawan untuk memenuhi kebutuhan pengetahuan dan keahlian guna mencapai efektivitas organisasi dalam upaya mencapai visi dan misinya (recruitment officer, job analyst, remuneration, junior counselor)

        2. Kompetensi

  • Memilih dan menerapkan kemampuan teoritis dan teknis bagi praktik- praktik profesional di bidang psikologi (wawancara, observasi, konstruksi alat ukur, asesmen psikologi, riset pemula) dan profesi relevan lainnya (pendidikan dan pelatihan, konselor, care giver, penyuluhan dan pendampingan masyarakat) yang menghasilkan solusi yang tepat dan bernilai tambah bagi kesejahteraan psikologis individu, kelompok dan masyarakat serta keberlanjutan organisasi dalam jangka panjang sesuai dengan kode etik Psikologi Indonesia.
  • Mendemonstrasikan interaksi interpersonal, komunikatif dan kepemimpinan yang efektif dengan menunjukkan sikap yang Adaptif, Produktif, Inovatif, Kontributif, dan Kolaborati (APIKK) serta mampu mengelola dan menempatkan diri (self management) secara tepat di lingkungannya berlandaskan nilai-nilai luhur Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.
  • Menjalin relasi jejaring (network relationship) dan komunikasi organisasional yang efektif dengan semua pemangku kepentingan (stakeholder).
  • Mengadopsi perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan mutu dan kecepatan layanan jasa psikologi yang diberikan kepada pengguna dan masyarakat. Mampu mengelola dirinya untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat (life-long learning learner).

(b)    Asisten Psikolog
       1. Deskripsi

  • Seseorang yang membantu psikolog menyediakan layanan psikologis terbatas dan bekerja di bawah pengawasan psikolog berlisensi untuk mengelola dan menilai tes psikologis, menyaring dan mengevaluasi klien dan membantu prosedur diagnostik dan terapeutik klien.

        2. Kompetensi

  • Memilih dan menerapkan kemampuan teoritis dan teknis bagi praktik- praktik profesional di bidang psikologi (wawancara, observasi, konstruksi alat ukur, asesmen psikologi, riset pemula) dan profesi relevan lainnya (pendidikan dan pelatihan, konselor, care giver, penyuluhan dan pendampingan masyarakat) yang menghasilkan solusi yang tepat dan bernilai tambah bagi kesejahteraan psikologis individu, kelompok dan masyarakat serta keberlanjutan organisasi dalam jangka panjang sesuai dengan kode etik Psikologi Indonesia.

(c)    Konselor Peserta Didik
       1. Deskripsi

  • Tenaga profesional yang memberikan pelayanan konseling (mengumpulkan fakta, mengidentifikasi masalah dan memberikan masukan dalam memecahkan masalah) di sekolah dan lembaga pendidikan formal dari tingkat PAUD sampai dengan SLTA.

        2. Kompetensi

  • Memilih dan menerapkan kemampuan teoritis dan teknis bagi praktik-praktik profesional di bidang psikologi (wawancara, observasi, konstruksi alat ukur, asesmen psikologi, riset pemula) dan profesi relevan lainnya (pendidikan dan pelatihan, konselor, care giver, penyuluhan dan pendampingan masyarakat) yang menghasilkan solusi yang tepat dan bernilai tambah bagi kesejahteraan psikologis individu, kelompok dan masyarakat serta keberlanjutan organisasi dalam jangka panjang sesuai dengan kode etik Psikologi Indonesia.
  • Mendemonstrasikan interaksi interpersonal, komunikatif, dan kepemimpinan yang efektif dengan menunjukkan sikap yang Adaptif, Produktif, Inovatif, Kontributif, dan Kolaboratif (APIKK) serta mampu mengelola dan menempatkan diri (self management) secara tepat di dalam lingkungannya berlandaskan nilai-nilai luhur Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

(d)    Trainer/fasilitator Komunitas
       1. Deskripsi

  • Seseorang yang membantu dalam sesi pelatihan maupun membantu sekelompok orang dalam memahami dan mencapai tujuan bersama.

       2. Kompetensi

  • Mendemonstrasikan interaksi interpersonal, komunikatif dan kepemimpinan yang efektif dengan asesmen psikologi, riset pemula) dan profesi relevan lainnya (pendidikan dan pelatihan, konselor, care giver, penyuluhan dan pendampingan masyarakat) yang menghasilkan solusi yang tepat dan bernilai tambah bagi kesejahteraan psikologis individu, kelompok dan masyarakat serta keberlanjutan organisasi dalam jangka panjang sesuai dengan kode etik Psikologi Indonesia.
  • Mengadopsi perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan mutu dan kecepatan layanan jasa psikologi yang diberikan kepada pengguna dan masyarakat. Mampu mengelola dirinya untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat (life-long learning learner).

(e)    Peneliti Muda

  1. Deskripsi
  • Seseorang yang bertugas melakukan pengembangan ilmu dengan menggunakan metode ilmiah di dalam bidang keahlian psikologi. (meneliti terkait perilaku, dan proses mental manusia)

        2. Kompetensi

  • Memilih dan menerapkan kemampuan teoritis dan teknis bagi praktik- praktik profesional dibidang psikologi (wawancara, observasi, konstruksi alat ukur, asesmen psikologi, riset pemula) dan profesi relevan lainnya (pendidikan dan pelatihan, konselor, care giver, penyuluhan dan pendampingan masyarakat) yang menghasilkan solusi tepat dan bernilai tambah bagi kesejahteraan psikologis individu, kelompok dan masyarakat serta keberlanjutan organisasi dalam jangka panjang sesuai dengan kode etik Psikologi Indonesia.
  • Menerapkan teknik-teknik analisis data di bidang perilaku manusia dalam konteks masyarakat, organisasi dan pasar dalam rangka memberikan solusi bagi pemecahan masalah dan pengambilan keputusan manajemen organisasi.

(f)    Pelaku usaha mandiri

  1. Deskripsi
  • Seorang pencipta lapangan pekerjaan dengan psikologi sebagai nilai tambah khususnya di skala usaha mikro, kecil dan menengah serta koperasi dan atau startup company.

        2. Kompetensi

  • Mendemonstrasikan kerangka kerja Business Psychology Framework di bidang psikologi bisnis untuk Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah (Koperasi dan UMKM) dan startup company.
  • Mendemonstrasikan interaksi interpersonal, komunikatif dan kepemimpinan yang efektif dengan menunjukkan sikap yang Adaptif, Produktif, Inovatif, Kontributif, dan Kolaboratif (APIKK) serta mampu mengelola dan menempatkan diri (self management) secara tepat di lingkungannya berlandaskan nilai-nilai luhur Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.
  • Menjalin relasi jejaring (network relationship) dan komunikasi organisasional yang efektif dengan semua pemangku kepentingan (stakeholder)

(g)    Data Analyst

  1. Deskripsi
  • Seseorang yang mendapatkan dan menggunakan data untuk membantu perusahaan atau instansi dalam membuat keputusan, terutama terkait keputusan bisnis yang baik.

        2. Kompetensi

  • Menerapkan teknik- teknik analisis data di bidang perilaku manusia dalam konteks masyarakat, organisasi dan pasar dalam rangka memberikan solusi bagi pemecahan masalah dan pengambilan keputusan manajemen organisasi.

7)    Peminatan
Lima Pilar Keilmuan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila adalah komitmen Fakultas untuk mengembangkan bahan ajar, metode pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat terhadap 5 bidang keilmuan Psikologi yang menyumbang pada kesejahteraan manusia. 

Adapun lima pilar keilmuan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila adalah sebagai berikut:

  • Psikologi Industri dan Organisasi; dan Psikologi Bisnis
  • Psikologi Perkembangan dan Psikologi Klinis
  • Psikologi Sosial dan Psikologi Budaya
  • Psikologi Pendidikan dan Sekolah
  • Psikometrika dan Pengukuran Psikologi

Untuk Informasi lebih lengkap bisa langsung mengunjungi Website berikut:

http://psikologi.univpancasila.ac.id/

Eksternal Link
Mitra Luar Negeri