Psikologi

(TERAKREDITASI A BAN-PT)

 

Psikologi diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1952 oleh Slamet Iman Santoso, seorang Profesor psikiatri di Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia. Sejak saat itu, keberadaan ilmu psikologi di Indonesia semakin berkembang pesat dan tenaga psikolog banyak dibutuhkan untuk menyeleksi orang yang tepat pada pekerjaan yang tepat. Fakultas Psikologi berdiri pada tahun 2006 diprakarsai oleh Prof. Dr. Sarlito W. Sarwono dan Prof. Dr. Edie Toet Hendratno, SH., MH. Untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan profesi psikolog berstandar internasional. Dr. Silverius Y. Soeharso, SE., MM., Psi. terpilih sebagai dekan pertama Fakultas Psikologi Universitas Pancasila. Pada tahun 2019, Universitas Pancasila berada pada peringkat 45 dari 2.141 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Fakultas Psikologi Universitas Pancasila memiliki akreditasi A dan termasuk salah satu Fakultas Psikologi yang paling diminati di Indonesia.

 

5 PILAR KEILMUAN:

  • Psikologi Industri Organisasi dan Bisnis;
  • Psikologi Sosial dan Budaya;
  • Psikologi Pendidikan dan Sekolah;
  • Psikometrika dan Pengukuran Psikologi;
  • Psikologi Perkembangan dan Klinis.

Fakultas Psikologi Universitas Psikologi memiliki unit pelayanan masyarakat bernama PKPT Consulting. PKPT Consulting merupakan salah satu bentuk layanan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila kepada masyarakat dan juga mahasiswa untuk pengembangan di bidang sumber daya manusia. Sampai saat ini, PKPT Consulting telah bekerjasama dengan berbagai institusi dan perusahaan, diantaranya adalah PT Medifarma, Yayasan Putri Indonesia, PT Darya Varia, PT LLYOD, PT Gawi, Point 2000, New Jaya Motor, JOB Pertamina, dan masih banyak lagi.

 

  1. PROFIL LULUSAN 

Lulusan Program Studi Psikologi S1 Universitas Pancasila memiliki profil lulusan antara lain sebagai berikut :

  1. Profesional Sumber Daya Manusia
  2. Asisten Psikologi 
  3. Pendidik di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah
  4. Konselor
  5. Fasilitator dalam Pemberdayaan Masyarakat
  6. Peneliti dalam Bidang Psikologi
  7. Pelaku Usaha Mandiri

 

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan 

Capaian Pembelajaran Fakultas Psikologi terdiri dari beberapa aspek yakni:

 

  1. SIKAP

1

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukan sikap religius.

2

Menjungjung tinggi nilai kemanusian dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.

3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

4

Berperan sebagai warga negera yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta tanggungjawab pada negara dan bangsa.

5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orsinal orang lain.

6

Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

7

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

8

Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik.

9

Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

10

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.

11

Menunjukan perilaku yang didasari nilai moral luhur, menghargai perbedaan dan memiliki sikap empati.

12

Mampi mewujudkan solidaritas tinggi dalam bentuk kebersamaan dan kerjasama yang berorientasi pada kepentingan rakyat, bangsa dan negara.

13

Krisis, kreatif, komunikatif, antusias, dan ikhlas dalam menjalankan profesinya untuk mewujudkan kesejateraan manusia.


 

  1. PENUGASAN PENGETAHUAN

 

1

Mampu mengusai konsep dasar teori psikologi untuk menggambarkan dan menganalisis berbagai gejala psikologi pada individu, kelompok, organisasi dan komunitas.

2

Mampu memahami dan menerangkan metode penelitian dasar psikologi termasuk rangcangan penelitian, anasilis data dan intepretasinya.

3

Mampu mehami konsep dasar asesmen psikologis dalam menganalisis gejala psikologis pada individu, kelompok, organisasi dan masyarakat.

4

Mampu memahami konsep intervensi non-klinis berdasarkan prinsip-prinsip perubahan tingkahlaku pada individu, kelompok, organisasi dan masyarakat.

5

Mampu menguasai prinsip-prinsip literasi data komunitas.

6

Menguasai pendekatan dan konsep teoretis tentang human well-being, subjective well-being, dan psychological well-being.

7

Menguasai konsep teoretis psikologi bisnis, kewirausahaan dan ekonomi kreatif.

8

Menguasai kosep teoretis dan dasar filosofis Pancasila, struktural sosial, budaya politik dan ekonomi masyarakat Indonesia.


 

  1. KETERAMPILAN UMUM

 

1

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur. 

3

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman pertuguran tinggi.

4

Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk skripsi atau tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

5

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

6

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam mampu di luar lembaganya.

7

Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya. 

8

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

9

Mempu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

10

Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global.

11

Mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi dibidang keahlian.

12

Mampu menegakkan integritas akademik secara umum dan mencegah terjadinya praktek plagiarisme. 

13

Mampu menjadi warga dunia dengan mempertahankan kearifan lokal.

14

Mampu mempublikasikan karya akademik skripsi atau laporan tugas akhir sehingga layak publikasi dalam jurnal nasional maupun internasional.

15

Mampu menggunakan minimal satu bahasa internasional untuk momunikasi lisan dan tulisan.

 

  1. KETERAMPILAN KHUSUS

 

1

Mampu melakukan interview, observasi, tes psikologi yang diperbolehkan sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dan Kode Etik Psikologi Indonesia.

2

Mampu mengembangkan instrumen pengukuran psikologi berdasarkan kaidah-kaidah teori tes klasik.

3

Mampu menganalisis persoalan psikologis non-klinis dan persoalan perilaku, serta menyajikan alternatif pemecahan masalah yang sudah ada. 

4

Mampu melakukan intevensi psikologi non klinis untuk perubahan perilaku individu, kelompok, organisasi dan masyarakat dengan menggunakan konseling psikoedukasi, pelatihan dan teknik intervensi lain yang diperbolehkan dengan medasarkan diri pada konsep teoretis dalam psikologi dan Kode Etik Psikologi Indonesia.

5

Mampu menyampaikan gagasan secara tertulis, menampilkan presentasi secara efektif, dan menggunakan teknologi informasi secara bertanggungjawab.

6

Mampu memperoleh serta mengolah data dan informasi melalui penggunaan teknologi dalam konteks psikologi.

7

Mampu melakukan penelitian psikologi dengan metodologi penelitian kuantitatif minimal dengan analisis statistika deskriptif atau inferensial bivariate, serta non-parametik untuk observed variabel, dan dengan metodologi penelitian kualitatif generik.

8

Mampu menggunakan pemikiran konseptual maupun hasil penelitian psikologi dalam bentuk tulisan ilmiah yang dipublikasikan dalam artikel umum, jurnal ilmiah, atau buku sesuai dengan kaidah etik dan profesionalisme 

9

Mampu merencanakan dan mengembangkan karier dan pengembangan dirinya sendiri (career and personal develoment). 

10

Mampu mepertanggungjawabkan hasil kerja berdsarkan Kode Etik Psikologi Indonesia.

11

Mampu melakukan wewenang dan tanggungjawab serta sikap khusus yang dibutuhkan sesuai dengan keilmuan psikologi yang mendukung peran dalam masyarakat secara benar dan beretika.

12

Mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar kesejahteraan manusia dalam pengembangan program-program peningkatan kesejahteraan individu, komunitas dan masyarakat.

Untuk Informasi lebih lengkap bisa langsung mengunjungi Website berikut:

http://psikologi.univpancasila.ac.id/

Eksternal Link
Mitra Luar Negeri