Visi Misi dan Tujuan

Visi Universitas Pancasila

Visi Universitas Pancasila Menjadi Universitas yang Unggul dan Terkemuka Berdasarkan Nilai-Nilai Luhur Pancasila

Misi Universitas Pancasila

Untuk mewujudkan visi Universitas Pancasila sebagai Perguruan Tinggi yang unggul dan terkemuka dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila, maka dirumuskan misi Universitas Pancasila, sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang bermutu dengan berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila.
  2. Mengembangkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Seni yang unggul dan berwawasan lingkungan dalam rangka meningkatkan kemandirian bangsa.
  3. Memberikan layanan pada masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing IKM.

Tujuan Universitas Pancasila

  1. Menjadikan Universitas Pancasila sebagai Perguruan Tinggi yang unggul dan terkemuka berjati diri Pancasila untuk menghasilkan: Pendidikan tinggi yang bermutu dalam menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai bidang keahlian dan memiliki etika moral Pancasila
  2. Hasil penelitian yang menjadi rujukan nasional dan internasional yang berwawasan lingkungan, aplikatif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat, bangsa dan negara
  3. Pengabdian kepada masyarakat yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing IKM serta diseminasi nilai-nilai Pancasila secara berkelanjutan.
  4. Tata kelola Universitas Pancasila yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab, adil, dan terpadu antar bidang pengelolaan (akademik, keuangan, asset, SDM, kemahasiswaan, dan alumni, kerja sama, dan ventura) guna menunjang efektivitas dan efisiensi pemanfaatan sumber daya secara berkelanjutan
  5. Kemitraan yang strategis, sinergis, dan berkelanjutan dengan berdasarkan asas manfaat dan keadilan.

Sasaran Strategis

Universitas Pancasila menetapkan capaian tahun 2020 sd 2024 adalah “Research University”, yakni penelitian terapan yang mengacu pada RIRIN dan RIPIN, kebutuhan Pemerintah peningkatan daya saing IKM, dan pemberdayaan masyarakat, serta pengembangan IPTEKS, maka sasaran strategis UP di bidang akademik dan non akademik. Sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kualitas pendidikan melalui penerapan kurikulum Outcomes Based Leaning (OBE), Student Centered Learning (SCL), pembelajaran terintegrasi dengan riset dan PkM, dan Learning Management System (LMS).
  2. Menumbuhkan Budaya Riset dan Inovasi melalui peningkatan kualitas dan kapasitas kelompok riset/pusat kajian, yang berperan dalam peningkatan kualitas dan kuantitas peneltian terapan dalam mendukung pengembangan IPTEKS, meningkatkan daya saing IKM dan pemberdayaan masyarakat.
  3. Meningkatkan peranan UP dan mitra strategis dalam memberikan layanan dan konsultasi dalam rangka meningkatkan daya saing daerah, IKM dan pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan.
  4. Terwujudnya tata kelola yang berdasarkan pada prinsip-prinsip Good University Governance (GUG) melalui penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2015 dengan dukungan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terpadu
  5. Terwujudnya kerja sama yang strategis dan saling bermanfaat dengan instansi maupun institusi dalam dan luar negeri dalam meningkatkan mutu Tridharma perguruan tinggi dan pengembangan sumber daya.
  6.  

Ketik Pencarian